BUKU SISWA PAIBP SD/MI KELAS 6 TEMA 1 - 5 KURIKULUM 2013 REVISI 2018

Buku Siswa PAIBP SD/MI Kelas VI Tema 1 - 5 Kurikulum 2013 Revisi 2018 : Salam edukasi.. Hadir kembali admin woyoedukasi.blogspot.com membagikan (share posting) tentang buku siswa kelas 6 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2018 Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti.
BUKU SISWA PAIBP SD/MI KELAS 6  TEMA 1 - 5 KURIKULUM 2013 REVISI 2018
BUKU SISWA PAIBP SD/MI KELAS 6  TEMA 1 - 5 KURIKULUM 2013 REVISI 2018
Buku Siswa :

Buku siswa adalah buku pegangan siswa yang dipergunakan sebagai panduan aktivitas pembelajaran dalam implementasi pelaksanaan kurikulum 2013. 

Kedudukan dan Fungsi Buku Siswa

Buku ini dipergunakan sebagai panduan aktivitas pembelajaran untuk memudahkan siswa dalam menguasai kompetensi tertentu. Buku ini juga digunakan untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan dalam proses pembelajaran (activities based learning) di mana isinya dirancang dan dilengkapi   dengan contoh-contoh lembar kegiatan agar siswa dapat mempelajari sesuatu yang relevan dengan kehidupan yang dialaminya.

Buku siswa diarahkan agar siswa lebih aktif dalam mengikuti proses pembelajaran melalui kegiatan mengamati, menanya, mencoba, menalar, berdiskusi serta meningkatkan kemampuan    berkomunikasi baik antarteman maupun dengan gurunya. Guru dapat mengembangkan atau memperkaya materi dan kegiatan lain yang sesuai dengan tujuan pembelajaran yang telah   ditetapkan. Di bawah ini dijelaskan peran dan fungsi Buku Siswa yang dapat dirinci sebagai berikut.

a. Panduan bagi Siswa dalam Melaksanakan Kegiatan-kegiatan Pembelajaran


Setiap subtema pada masing-masing buku memiliki beberapa pembelajaran sesuai dengan tema. Berbagai kegiatan yang harus dilakukan oleh siswa, misalnya :
  • Kegiatan “Ayo Amati” pada buku siswa merupakan kegiatan dimana siswa dilatih mencari/menggali informasi dari gambar, teks bacaan, teks percakapan atau data apapun yang bisa digunakan sebagai sumber pembelajaran.
  • Kegiatan “Ayo Bacalah” pada buku siswa merupakan kegiatan dimana siswa diberi kesempatan untuk membaca teks informasi yang disajikan pada buku siswa. Kegiatan membaca ini biasanya terkait dengan kegiatan menggali informasi dari bacaan, dimana siswa dilatih keterampilannya dalam mencari ide-ide pokok dari bacaan.
  • Kegiatan “Ayo Berlatih” pada buku siswa merupakan kegiatan dimana siswa diberi kesempatan untuk menunjukkan pemahaman pengetahuannya mengaplikasikan keterampilannya. Kegiatan ini bisa merupakan kegiatan mandiri ataupun kegiatan dengan bimbingan guru.
  • Kegiatan “Ayo Lakukan” pada buku siswa merupakan kegiatan dimana siswa diberi kesempatan untuk melakukan kegiatan pembelajaran melalui aktivitas kelompok maupun individu yang biasanya juga merupakan kegiatan berbasis proyek.
  • Kegiatan “Ayo Bertanya” dirancang untuk menumbuhkan dan mengembangkan keterampilan bertanya siswa, dimana bertanya bukan hanya tentang apa dan siapa tapi lebih kepada pembentukan keterampilan bertanya yang kritis dan kreatif.
  • Kegiatan “Ayo Berkerjasama” dirancang untuk memfasilitasi kolaborasi siswa dengan siswa lainnya dalam kelompok. Siswa dilatih untuk bekerjasama, saling menghormati, menghargai dan berbagi tugas dengan anggota kelompok lainnya.
Itulah sekilas penjelasan tentang buku siswa, selanjutnya berikut ini admin sampaikan Buku Siswa PAIBP untuk jenjang Pendidikan SD/MI Kelas 6 tema 1 sampai dengan 5 Kurikulum 2013 Revisi baru 2018 format Pdf.

Link Unduhan :
Terimakasih sudah berkunjung di website woyoedukasi.blogspot.com sampai ketemu kembali pada posting yang lainnya.

Belum ada Komentar untuk "BUKU SISWA PAIBP SD/MI KELAS 6 TEMA 1 - 5 KURIKULUM 2013 REVISI 2018"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel