CONTOH SK TIM PEMBINA UKS PADA SATUAN PENDIDIKAN SD, SMP, SMA SEDERAJAT -REGULASI DOWNLOAD

Contoh SK Pembentukan Tim UKS SD, SMP, SMA - Sederajat  :  Keberhasilan pembinaan dan pengembangan Usaha Kesehatan Sekolah/Madrasah (UKS/M), terlihat dan tercermin pada perilaku hidup bersih dan sehat serta meningkatnya derajat kesehatan peserta didik khususnya dan masyarakat sekolah pada umumnya. 



Hal ini merupakan dampak yang diharapkan dari terlaksananya pembinaan dan pengembangan program UKS/M disemua satuan pendidikan mulai dari tingkat TK/RA, SD/MI, SMP/MTS, dan SMA/SMK/MA. Program peningkatan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) bagi peserta didik perlu dilakukan sedini mungkin secara terpadu, terencana, terarah dan terkordinasi dari 4 (empat) Kementerian terkait mulai dari tingkat pusat sampai daerah serta melibatkan kerjasama dengan stakeholder.

Peraturan Bersama 4 Kementerian, yaitu Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Kesehatan, Kementerian Agama dan Kementerian Dalam Negeri Nomor 6/X/PB/2014; Nomor 73 Tahun 2014; Nomor 41 Tahun 2014 dan Nomor 81 Tahun 2014 ini mengamanatkan kepada semua pihak yang terkait dan terlibat dalam mengimplementasikan Peraturan Bersama 4 Kementerian di Sekolah/Madrasah dan lembaga pendidikan yang sesuai dengan kewenangan masing-masing.

Dalam Peraturan Bersama tersebut dinyatakan bahwa membina, mengembangkan, meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat kepada peserta didik dilaksanakan secara terencana dan bertanggung jawab melalui program pendidikan yaitu kegiatan kurikuler, ekstrakurikuler, dan melalui usaha-usaha lain di luar sekolah yang menunjang perilaku hidup bersih dan sehat.

Berdasarkan hasil pengamatan dan pemantauan yang dilakukan oleh Tim Pembina Tingkat Pusat ternyata masih cukup banyak sekolah yang belum melaksanakan UKS/M secara baik dan benar, terutama disebabkan kurangnya pembinaan, buku-buku Pedoman Pembinaan dan Pengembangan UKS/M, kesadaran, komitmen, dan kerjasama dari empat kementerian. Disamping itu pula, masih kurangnya pelatihan untuk pembina dan pelaksana UKS/M guna peningkatan pemahaman dan wawasan.


B. SASARAN

Sasaran Pedoman Pembinaan dan Pengembangan UKS/M ini adalah Tim Pembina UKS/M danTim Pelaksana UKS/M di sekolah/madrasah baik negeri maupun swasta.


C. TUJUAN

Tujuan disusunnya buku pedoman pembinaan dan pengembangan UKS/M yaitu:
  1. Sebagai Pedoman Penyelenggaraan Pembinaan dan Pengembangan UKS/M bagi Tim Pembina dan Pelaksana UKS/M dalam menyusun program dan kegiatan UKS/M;
  2. Membantu warga sekolah dalam memahami dan melaksanakan Trias UKS/M Guru dan Kepala Sekolah sebagai Tim Pelaksana UKS/M dalam memahami dan menguasai cara melaksakan tiga program pokok UKS/M (Trias UKS);
  3. Pelaksanaan program harus dilakukan secara terpadu, terarah, intensif dan berkesinambungan;
  4. Membantu Guru dan Kepala Sekolah dalam mempersiapkan sarana dan prasarana UKS/M di sekolah;
  5. Membantu Guru dan Kepala Sekolah sebagai Tim Pelaksana UKS/M dalam memahami, memonitoring, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan UKS/M;
  6. Membantu Tim Pembina pada Tingkat Kecamatan, Kab./Kota dalam melaksanakan pembinaan dan pengembangan UKS/M.

D. RUANG LINGKUP

Pedoman pembinaan dan pengembangan UKS/M mencakup:

1. TP UKS/M dalam pembinaan dan pengembangan UKS/M secara berjenjang;
2. Tim Pelaksana UKS/M dalam mengimplementasikan Trias UKS/M di sekolah.

LINK DOWNLOAD : 

Peraturan Bersama 4 Kementerian, yaitu Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Kesehatan, Kementerian Agama dan Kementerian Dalam Negeri Nomor 6/X/PB/2014; Nomor 73 Tahun 2014; Nomor 41 Tahun 2014 dan Nomor 81 Tahun 2014 tentang Pembinaan dan Pengembangan Usaha Kesehatan Sekolah/Madrasah (UKS/M)    ( KLIK DISINI

Berikut kami sampaikan beberapa contoh Surat Keputusan Kepala Sekolah Tentang Tim Pelaksana UKS di satuan Pendidikan, semoga bermanfaat :

Contoh SK Tim Pelaksana UKS  SD, SMP, SMA - Sederajat   - Doc   KLIK DISINI )

Contoh SK Tim Pelaksana UKS  SD, SMP, SMA - Sederajat   - Pdf   KLIK DISINI )  


BUKU PEDOMAN PEMBINAAN DAN PENGEMBAKAN UKS /M  :

Buku Pedoman Pembinaan dan Pengembangan UKS /M  File nya dapat di unduh pada tautan  ----  KLIK DISINI ) 


Demikian yang dapat kami sampaikan, terimakasih atas kunjungannya di website ini, sampai ketemu pada artikel yang update selanjutnya.

Belum ada Komentar untuk "CONTOH SK TIM PEMBINA UKS PADA SATUAN PENDIDIKAN SD, SMP, SMA SEDERAJAT -REGULASI DOWNLOAD"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel