MODUL AJAR KURIKULUM MERDEKA MAPEL BAHASA INDONESIA SD/MI KELAS 1 - BUKU

MODUL AJAR KURIKULUM MERDEKA MAPEL BAHASA INDONESIA SD/MI KELAS 1 SMT 1 DAN 2 

Guru atau tenaga pendidik dalam melaksanakan tugas pembelajaran perlu memiliki rencana pembelajaran sebagai senjata untuk mengarahkan proses pembelajaran mencapai capaian pembelajaran dengan baik, untuk itu guru sebagai tenaga pendidik perlu memliki Modul Ajar dalam pembelajarannya.

Modul Ajar Kurikulum Merdeka SD/MI Kelas I Mapel Bhs. Indonesia

Apa Itu Modul Ajar dalam Kurikulum Merdeka ?

Perangkat pembelajaran Kurikulum Medeka yang digunakan oleh tenaga pendidik untuk melaksanakan pembelajaran dalam upaca mencapai Capaian Pembelajaran dalam Kurikulum Merdeka dan Profil Pelajar Pancasila.

Modul ajar dibuat lebih terinci sebagai penjabaran dari ATP (Alur Tujuan Pembelajaran) dalam Kurikulum Merdeka, Konsep dari modul ajar lebih diatikan sebagai, sarana, metode maupun pedoman yang dirancang secara sistematis menjadi implementasi dari Alur dan Tujuan Pelaksanaan Pembelayaran yang menjadi hasil dari pengembangan capaian pembelajaran dan Profil Pelajar Pancasila sebagai sasaran utamanya.

Penyusunan Modul Ajar Kurikulum Merdeka dibuat dengan menyesuaikan fase perkembangan siswa maupun apa yang hendak dipelajari dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.

Komponen-komponen Modul ajar dalam kurikulum merdeka menjadi dasar pelaksanaan dari penyusunannya serta dibutuhkan sebagai kelegkapan persiapan pelaksanaan pembelajaran.

Berikut komponen yang harus ada pada modul ajar dalam Kurikulum Merdeka:
Identitas Modul

Dalam identitas modul terdapat sejumlah unsur yakni nama penyusun, tahun penyusunan serta institusi penyusun, jenjang sekolah, kelas, dan alokasi waktu yang sesuai dengan jam pelajaran di unit kerja.
Kompetensi Awal

Kompetensi awal diartikan sebagai pengetahuan maupun keterampilan yang dimiliki siswa sebelum pelaksanaan pembelajaran. Tujuannya adalah untuk mengukur hasil dari rancangan modul ajar.
Profil Pelajar Pancasila

Profil Pelajar Pancasila menjadi tujuan akhir dari kegiatan pembelajaran yang terkait dengan proses pembentuk karakter siswa yang digambarkan melalui konten atau metode pembelajaran.
Sarana dan Prasarana

Sarana dan prasarana dalam modul ajar adalah media baik alat maupun materi yang mampu menunjang pelaksanaan pembelajaran serta sumber bahan ajar yang mempertimbangkan kebutuhan dari peserta didik, salah satunya seperti pemanfaatan teknologi.
Target Peserta Didik

Dalam target peserta didik, dibagi dalam beberapa kelompok target. Pertama, peserta didik reguler atau umum, dimana peserta didik tersebut tidak memiliki kesulitan dalam memahami materi yang diajarkan. Pemerintah melalui Kemdikbudristek telah menyediakan contoh-contoh rencana pelaksanaan pembelajaran dan modul ajar. Guru dapat menggunakan atau menyesuaikan contoh-contoh tersebut dengan kebutuhan peserta didik yang dapat diunduh pada laman resmi Kemendikbudristek.

Berikut materi Modul Ajar Kurikulum Merdeka untuk SD Kelas I (satu) Mapel Bahasa Indonesia Semester 1 dan 2, dapat di unduh melalui tautan berikut ini :

MODUL AJAR  : Mapel Bahasa Indonesia Kelas I Semester  1 :
  • Modul Ajar Bhs. Indonesia SD/MI Kelas 1  Bab 1  ( Unduh )
  • Modul Ajar Bhs. Indonesia SD/MI Kelas 1  Bab 2  ( Unduh )
  • Modul Ajar Bhs. Indonesia SD/MI Kelas 1  Bab 3  ( Unduh )
  • Modul Ajar Bhs. Indonesia SD/MI Kelas 1  Bab 4  ( Unduh )

MODUL AJAR  : Mapel Bahasa Indonesia Kelas I Semester  2 :
  • Modul Ajar Bhs. Indonesia SD/MI Kelas 1  Bab 5  ( Unduh )
  • Modul Ajar Bhs. Indonesia SD/MI Kelas 1  Bab 6  ( Unduh )
  • Modul Ajar Bhs. Indonesia SD/MI Kelas 1  Bab 7  ( Unduh )
  • Modul Ajar Bhs. Indonesia SD/MI Kelas 1  Bab 8  ( Unduh )

Demikian Modul Ajar Kurikulum Merdeka SD/MI Kelas 1 Semester 1 dan 2 Mapel Bahasa Indonesia yang dapat admin sajikan semoga bermanfaat,   Terimakasih.

Belum ada Komentar untuk "MODUL AJAR KURIKULUM MERDEKA MAPEL BAHASA INDONESIA SD/MI KELAS 1 - BUKU"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel