DOWNLOAD INSTRUMEN PENILAIAN BAHASA INGGRIS SMP/MTs - TERBARU

Instrumen Penilaian Mata Pelajaran Bahasa Inggris Untuk SMP/MTs Terbaru - Direktorat Pembinaan SMP, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan dukungan berbagai pihak telah berhasil menyusun dan mengembangkan bahan ajar Bridging Course Mata Pelajaran Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, IPA, dan IPS untuk kelas VII.

Bahan ajar ini dikembangkan dengan latar belakang bahwa peserta didik baru kelas VII belum terbiasa dengan proses pembelajaran melalui pendekatan ilmiah. Sebagian di antara mereka mungkin belum memiliki bekal (baik sikap, pengetahuan, dan keterampilan) yang memadai untuk memulai pendidikannya pada jenjang SMP. Hal ini antara lain disebabkan oleh adanya perbedaan antara isi Kurikulum 2006 dan Kurikulum 2013. Belum terbiasanya peserta didik baru kelas VII SMP dalam mengikuti pembelajaran dengan pendekatan ilmiah dan belum memiliki bekal yang cukup dalam hal sikap, pengetahuan, dan keterampilan.

INSTRUMEN PENILAIAN BAHASA INGGRIS SMP/MTs
DOWNLOAD INSTRUMEN PENILAIAN BAHASA INGGRIS SMP/MTs - TERBARU
Bahan ajar ini dikembangkan dengan tujuan untuk menyamakan kemampuan awal peserta didik baru pada mata pelajaran tersebut di atas, karena mereka berasal dari berbagai SD. Selain itu, bahan ajar ini juga dimaksudkan untuk mencapai kompetensi bidang studi, melatihkan learning skill (keterampilan proses mata pelajaran) dan menumbuhkan karakter, minat baca. Penyajian bahan ajar ini dibuat secara sistematis dan tampilan yang menarik dengan pendekatan ilmiah.

Direktorat Pembinaan SMP mengucapkan terimakasih atas dedikasi serta sumbangan pemikirannya kepada tim penyusun, tim penelaah, dan kepada semua pihak, yang telah berperan aktif dalam membantu direktorat dalam menyelesaikan bahan ajar ini. Semoga bahan ajar ini dapat memberikan manfaat positif bagi guru dan peserta didik dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia pada tingkat SMP khususnya, dan pendidikan di Indonesia pada umumnya.

Pembelajaran dan penilaian hasil belajar merupakan komponen esensial dalam implementasi Kurikulum 2013. Keberhasilan pembelajaran dapat diketahui melalui penilaian. Hasil penilaian juga digunakan untuk menyempurnakan pembelajaran. Keterpaduan dan kefektivan pembelajaran dan penilaian sangat besar pengaruhnya dalam keberhasilan implementasi Kurikulum 2013.

Hasil monitoring dan evaluasi pelaksanaan Kurikulum 2013 tingkat SMP pada tahun 2014 menunjukkan bahwa salah satu kesulitan pendidik dalam mengimplementasikan Kurikulum 2013 adalah dalam melaksanakan penilaian hasil belajar. Sekitar 60% responden pendidik menyatakan bahwa mereka belum dapat merancang, mengembangkan instrumen, melaksanakan, mengolah, melaporkan, dan memanfaatkan hasil penilaian dengan baik. Kesulitan utama yang dihadapi pendidik: merumuskan indikator, menyusun butir- butir instrumen, dan melaksanakan penilaian sikap dengan berbagai macam teknik. Selain itu, banyak di antara pendidik yang kurang percaya diri dalam melaksanakan penilaian keterampilan. Mereka belum sepenuhnya memahami bagaimana menyusun instrumen dan rubrik penilaian keterampilan.

Kesulitan lain yang banyak dikeluhkan pendidik berkaitan dengan penulisan deskripsi capaian aspek sikap, aspek pengetahuan, dan aspek keterampilan. Di samping itu, sejumlah pendidik mengaku bahwa mereka belum percaya diri dalam mengembangkan butir-butir soal pengetahuan. Mereka kurang memahami bagaimana merumuskan indikator dan menyusun butir-butir soal untuk pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif yang dikombinasikan dengan keterampilan berpikir tingkat rendah hingga tinggi.

Berkaitan dengan permasalahan kurangnya penguasaan pendidikan dalam penilaian hasil belajar, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah mengembangkan Panduan Penilaian pada Sekolah Menengah Pertama. Secara substantif, panduan tersebut memuat konsep penilaian, perencanaan penilaian, pengembangan instrumen, pelaksanaan penilaian, pengolahan dan pemanfaatan hasil penilaian.

REKOMENDASI KAMI :

  1. Kisi-Kisi Soal Mapel PAIBP AMP/MTs Kelas 7,8,9
  2. Kisi-Kisi Soal PAS Kurikulum 2013 SMP Kelas 9
  3. Komponen Pembiayaan BOS Reguler SD SMP SMA SMK SDLB SMPLB SMALB SLB
  4. KKM/KBM SMP-MTs Kelas 7-8-9 Kurikulum 2013 Terbaru
  5. KKM K-13 Bahasa Indonesia SMP Kelas 7, 8, 9 Revisi
  6. Instrumen Supervisi Kepala Sekolah SD, SMP, SMA Kurikulum 2013 Dan KTSP
  7. Bukti Fisik Penilaian Kinerja Kepala Sekolah (PKKS) Terbaru

Di samping itu, dibahas pula cara pengisian raport. Untuk melengkapi isi panduan tersebut, dikembangkan modul pengembangan instrumen penilaian untuk empat mata pelajaran, yaitu Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, dan IPA. Pembahasan materi pengembangan instrumen dalam modul ini dilakukan secara teknis dan runtut sehingga para pendidikan diharapkan dapat lebih mudah dalam memahami, dan mengaplikasikannya sesuai mata pelajaran.


Secara detail tentang Modul Instrumen Penilaian Bahasa Inggris untuk SMP/MTs. terbaru dapat di lihat pada view tayangan berikut ini :

MODUL PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN PENDIDIK MAPEL BAHASA INGGRIS SMP/MTs.



Untuk mendapatkan file nya langsung saja download pada menu link Download yang tersedia  di bawah ini:
 Link Download: Modul Pengembangan Instrumen Penilaian Bhs Inggris SMP
Demikian ulasan singkat materi tentang Modul Instrumen Penilaian Mata Pelajaran Bahasa Inggris Untuk SMP/MTs Terbaru semoga bermanfaat, serta mohon maaf atas segala kekurangan kami.

Sumber utama: http://ditpsmp.kemdikbud.go.id

Belum ada Komentar untuk "DOWNLOAD INSTRUMEN PENILAIAN BAHASA INGGRIS SMP/MTs - TERBARU"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel