BUKU SAKU MPLS TAHUN 2022 JENJANG SMP- DOWNLOAD

Buku Saku Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) SMP 2022 : Sahabat Edukasi yang berbahagia, berikut kami sampaikan tentang buku petunjuk pedoman MPLS tahun 2022 atau buku Saku Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) tahun 2022, sebagaimana yang di keluarkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Direktorat Sekolah Menengah Pertama. 

Sebagaimana kita ketahui bahwa pada awal tahun pelajaran baru pada satuan pendidikan jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP), setelah melaksanakan proses Penerimaan Peserta Didik Baru  (PPDB), seperti biasa Calon Peserta Didik yang secara resmi telah di terima menjadi Peserta Didik Baru SMP.

Tahap awal pengenalan lingkungan sekolah kepada peserta didik baru kelas VII jenjang Sekolah Menengah Pertama, dilakukan kegiatan atau program terstruktur yaitu Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) yang dulu sering di sebut dengan Masa Orientasi Sekolah (MOS). Kegiatan MPLS ini diatur dengan Permendikbud Nomor 18 Tahun 2016 tentang Pengenalan Lingkungan Sekolah Bagi Siswa Baru.

PENGERTIAN  :

MPLS  adalah kegiatan yang diselenggarakan oleh sekolah dalam rangka memperkenalkan kepada para siswa baru pada semua hal yang berhubungan dengan sekolah. Perkenalan tersebut bukan hanya sebatas antar murid baru saja atau dengan kakak kelas serta guru dan juga pada komponen lainnya, meliputi pengenalan program, sarana dan prasarana sekolah, cara belajar, penanaman konsep pengenalan diri, dan pembinaan.

TUJUAN :

Kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) sendiri bertujuan untuk :
  1. Mengenali Potensi diri siswa baru;
  2. Membantu siswa baru beradaptasi dengan lingkungan sekolah dan sekitarnya, antara lain terhadap aspek keamanan, fasilitas umum, dan sarana prasarana sekolah;
  3. Menumbuhkan motivasi, semangat, dan cara belajar efektif sebagai siswa baru;
  4. Mengembangkan interaksi positif antar siswa dan warga sekolah lainnya;
  5. Menumbuhkan perilaku positif antara lain kejujuran, kemandirian, sikap saling menghargai, menghormati keanekaragaman dan persatuan, kedisiplinan, hidup bersih dan sehat untuk mewujudkan siswa yang memiliki nilai integritas, etos kerja, dan semangat gotong royong.

RUANG LINGKUT MATERI :

Materi apa saya yang dapat di sajikan pada saat kegiatan MPLS ? Biasanya setiap sekolah memiliki materi yang agak sedikit berbeda dan disesuaikan dengan kebutuhan sekolah.

Berikut beberapa materi yang dapat di sampaikan pada saat pelaksanaan kegiatan MPLS, antara lain adalah  :

  • Wawasan Wiyata Mandala
  • Kegiatan Kesiswaan, baik itu Intra Kurikuler, seperti OSIS ataupun Ekstrakurikuler, seperti Kepramukaan, UKS, Seni, Olahraga, dan lain-lain.
  • Pendidikan Karakter.
  • Cara belajar Efektif
  • Pengenalan Budaya Lokal
Untuk lebih detail tentang Buku Saku Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) jenjang SMP tahun 2022 dapat dilihat pada tanyang dibawah ini :



Buku Saku MPLS SMP dapat di unduh pada link downlod di bawah ini :

 =======   UNDUH MPLS  =======

Buku ini disusun sebagai informasi dalam penyelenggaraan masa pengenalan ling-
kungan sekolah peserta didik baru (MPLSPDB) baik kondisi luring dan daring ditengah pandemi Covid-19. Melalui buku ini diharapkan para penyelenggara kegiat- an MPLS peserta didik baru dapat memili- ki pengetahuan dan prosedur pelaksanaan MPLS sehingga mereka dapat mengenali lingkungan sekolahnya dengan baik dan terjalin keselarasan antara peserta didik dan sekolah; sekolah dan orang tua peserta didik; serta masyarakat.

Dengan begitu pelaksanaan MPLS Peserta Didik baru mampu menciptakan kondisi
sekolah yang menyenangkan, produktif, bahagia, semangat belajar, penuh rasa tanggung jawab dalam pelaksanaan pem- belajaran setelah melaksanakan masa pengenalan lingkungan sekolah.


Bahan Materi Referensi MPLS  dapat di unduh pada laman di bawah ini :

* Download -  Wasasan Wiyata Mandala
* Download -  Materi MPLS Pramuka
Download -  Materi MPLS Struktur Organisasi
Download  Materi MPLS Kesadaran Berbangsa dan Bernegara
Download Materi MPLS Belajar Efektif
Download Materi MPLS Pendidikan Kharakter
Download  Materi MPLS Pengenalan PBB
Download Materi MPLS Tata Krama Siswa
Download -  Materi MPLS Pembinaan Mental Agama
Download -  Silabus Pelaksanaan MPLS

Demikian yang dapat kami sampaikan tentang  Buku Saku Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) SMP 2022  semoga bermanfaat dan selamat melaksanakan kegiatan MPLS dan lancar.   Amien

Belum ada Komentar untuk "BUKU SAKU MPLS TAHUN 2022 JENJANG SMP- DOWNLOAD"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel