BUKU MODUL PKP BERBASIS ZONASI PAKET UNIT PEMBELAJARAN SD/MI LENGKAP

Modul Peningkatan Kompetensi Pembelajaran Untuk SD/MI Semua Unit Pembelajaran tahun 2019 :  Salam sejahtera bagi kita semuanya, pada kesempatan ini admin bagikan Modul PKP untuk SD/MI lengkap semua Unit Pembelajaran tahun 2019.


BUKU MODUL PKP BERBASIS ZONASI PAKET UNIT PEMBELAJARAN SD/MI LENGKAP
BUKU MODUL PKP BERBASIS ZONASI PAKET UNIT PEMBELAJARAN SD/MI LENGKAP
Sebelum pada inti materi tentang Modul Peningkatan Kompetensi Pembelajaran atau disebug PKP jenjang SD/MI lengkap semua unit pembelajaran, maka perlu kita sebagai tenaga pendidik mengetahui tentang PKP itu sendiri.

APA ITU PROGRAM PKP (PENINGKATAN KOMPETENSI PEMBELAJARAN) ?

Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran yang selanjutnya disingkat dengan Program PKP, merupakan program yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi siswa melalui pembinaan guru dalam merencanakan, melaksanakan, sampai dengan mengevaluasi pembelajaran yang berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skills/HOTS).

Program ini merupakan salah satu pendukung program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan yang lebih berfokus pada upaya memintarkan siswa melalui pembelajaran berorientasi keterampilan berpikir tingkat tinggi. Dengan mempertimbangkan pendekatan kewilayahan, atau dikenal dengan istilah zonasi, maka program ini dilakukan dengan berbasis zonasi, selanjutnya disebut dengan Program PKP Berbasis Zonasi.

APA MANFAAT PROGRAM PKP BERBASIS ZONASI ?

Manfaat Program PKP Berbasis Zonasi adalah sebagai berikut:
  1. Membiasakan siswa untuk berpikir tingkat tinggi sehingga dapat meningkatkan kompetensinya;
  2. Membiasakan guru untuk membuat pembelajaran yang berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi mulai dari perencanaan, pelaksanaan hingga penilaiannya;
  3. Memberikan acuan kepada kepala sekolah dalam pelaksanaan supervisi akademik; 
  4. Memberikan acuan kepada pengawas sekolah dalam pelaksanaan supervisi akademik dan manajerial.

Prinsip Dasar Pelaksanaan Program PKP

1. Taat Azas
Program PKP Berbasis Zonasi dilaksanakan sesuai dengan peraturan yang berlaku, baik yang diselenggarakan di pusat, provinsi maupun di kabupaten/kota.
2. Berbasis Kompetensi
Program PKP merupakan upaya Pemerintah dalam meningkatkan mutu pendidikan. Dengan demikian, program ini berpedoman pada standar isi, kompetensi inti dan kompetensi dasar, standar proses, dan standar penilaian pada Kurikulum 2013.
3. Terstandar
Pengelolaan Program harus memenuhi standar yang ditetapkan meliputi standar pengelolaan, standar fasilitator, standar sarana dan prasarana, standar penilaian, standar penyelenggaraan, standar waktu pelaksanaan, dan standar sertifikat.
4. Profesional
Hasil analisa kesulitan peserta didik dalam mengikuti UN dan USBN menjadi dasar untuk PKP guru sesuai dengan jenjang satuan pendidikan.
Selain itu, hasil UKG guru dan hasil UKK guru kejuruan digunakan dalam analisis kebutuhan peningkatan kompetensi di masing-masing PKG, KKG, MGMP, atau MGBK.
5. Transparan
Proses perencanaan dan pelaksanaan mulai dari persiapan, pelaksanaan sampai dengan pelaporan dilakukan secara terbuka dan transparan serta dapat diketahui semua pihak yang berkepentingan.
6. Akuntabel
Proses dan hasil Program dapat dipertanggungjawabkan kepada pemangku kepentingan pendidikan secara administratif, finansial, dan akademik. Kredibilitas dari pelaksanaan proses dan hasil program dapat dipercaya semua pihak.
7. Berkeadilan
Semua guru pada setiap sekolah diharapkan akan mengikuti Program PKP Berbasis Zonasi. Pemerintah Daerah dapat membantu dan berkontribusi dalam mengalokasikan dana melalui APBD terkait penyelenggaraan program PKP Berbasis Zonasi.

Sasaran Program PKP Berbasis Zonasi

Sasaran Program PKP Berbasis Zonasi adalah guru pada semua jenjang satuan pendidikan mulai dari TK/TKLB, SD/SDLB, SMP/SMPLB, SMA/SMALB, dan SMK/SMKLB.

Penyelenggara Program PKP Berbasis Zonasi

Program PKP Berbasis Zonasi merupakan kegiatan yang dikoordinasikan oleh Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan melibatkan UPT, Dinas Pendidikan Provinsi/Kabupaten/Kota, masyarakat penyelenggara satuan pendidikan, asosiasi profesi guru serta komunitas Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK).
Sumber :  Buku Juknis PKP Berbasis Zonasi, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayan 2018
Dalam upaya mendukung Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP) berbasis zonasi dalam pelaksanaan dapat berjalan lancar maka perlu adanya materi pembelajaran atau Modul Pembelajaran untuk masing-masing jenjang pendidikan ( TK, SD, SMP ) pada setiap mata pelajaran.
Untuk itu sesuai dengan judul materi ini maka kami bagikan berupa Modul PKP untuk SD/MI lengkap semua unit pembelajaran, dan bagi yang membutuhkan modul PKP SD/MI dapat mengunduh gratis pada tautan link download di bawah ini :
1. MODUL PKP SD/MI MAPEL BAHASA INDONESIA   :


2. MODUL PKP SD/MI MAPEL I P A   :


3. MODUL PKP SD/MI MAPEL I P S   :


4. MODUL PKP SD/MI MAPEL MATEMATIKA  :

5. MODUL PKP SD/MI MAPEL PENJASORKES  :

6. MODUL PKP SD/MI MAPEL PKn  :

7. MODUL PKP SD/MI MAPEL SENI BUDAYA  :
Demikian yang kami sampaikan semoga membawa manfaat dalam implementasi program PKP Berbasis zonasi. Terimakasih.

Belum ada Komentar untuk "BUKU MODUL PKP BERBASIS ZONASI PAKET UNIT PEMBELAJARAN SD/MI LENGKAP"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel