BUKU KAMUS LENGKAP BAHASA JAWA TEGAL INDONESIA EDISI 2

Kamus Bahasa Jawa Tegal Indonesia Edisi 2
Kamus Bahasa Jawa Tegal Indonesia Edisi 2
Penyusunan dan penerbitan Kamus Bahasa Jawa Tegal—Indonesia oleh Balai Bahasa Jawa Tengah (edisi 2) ini bertujuan untuk mendokumentasikan kosakata bahasa Jawa Tegal yang memiliki kekhasan dalam pelafalannya. Hal ini didorong oleh kekhawatiran akan eksistensi bahasa lokal tersebut. Dalam perkembangannya, bahasa Jawa Tegal mengalami banyak kendala, salah satunya adalah globalisasi yang melanda seluruh elemen masyarakat. Bahkan, bahasa Jawa Tegal sudah jarang dituturkan oleh masyarakat Tegal sendiri. Meskipun di wilayah Tegal dan sekitarnya bahasa Tegal ini masih dituturkan, tetapi penutur asli akan beralih kode jika berada di luar wilayah Tegal.

Kenyataan tersebut tentu mengancam eksistensi bahasa Tegal karena kebanggaan terhadap bahasa ibu sudah mulai luntur. Kekhawatiran tersebut mendorong budayawan Tegal, M. Hadi Utomo, menyusun Kamus Tegal—Indonesia di tahun 2002. Langkah beliau ini menjadi modal awal bagi Balai Bahasa Jawa Tengah untuk mengembangkan dan menerbitkan Kamus Bahasa Jawa Tegal—Indonesia yang pada cetakan pertama memuat 8.321 lema. Pada edisi kedua ini tim penyusun kamus Balai Bahasa Jawa Tengah berupaya menambah kurang lebih 450-an lema agar daya ungkap dan perbendaharaan kata dalam Kamus Bahasa Jawa Tegal—Indonesia ini semakin memadai.    

Kamus Bahasa JawaTegal—Indonesia ini tidak lain juga dimaksudkan sebagai upaya mendukung program peningkatan kecerdasan anak-anak bangsa sebagaimana dimaksudkan di atas. Kamus ini memuat kosakata dialek Tegal yang ditulis oleh Tim Penyusun. Diharapkan buku ini menjadi pemantik dan sekaligus penyulut api kreatif pembaca, terutama anak-anak, remaja, dan generasi muda.

Penyusunan Kamus Bahasa Jawa Tegal—Indonesia ini bertujuan untuk mendokumentasikan kosakata bahasa Jawa Tegal yang memiliki kekhasan dalam pelafalannya. Hal ini didorong oleh kekhawatiran akan eksistensi bahasa lokal tersebut. Dalam perkembangannya, bahasa Jawa Tegal ini mengalami banyak kendala, salah satunya adalah globalisasi yang melanda seluruh elemen masyarakat. Bahkan, bahasa Jawa Tegal ini sudah jarang dituturkan oleh masyarakat Tegal sendiri. Meskipun di wilayah Tegal dan sekitarnya bahasa Tegal ini masih dituturkan, tetapi penutur asli akan beralih kode jika berada di luar wilayah Tegal.

Kenyataan tersebut tentu mengancam eksistensi bahasa Tegal karena kebanggaan terhadap bahasa ibu sudah mulai luntur. Kekhawatiran tersebut mendorong budayawan Tegal, M. Hadi Utomo menyusun Kamus Tegal—Indonesia di tahun 2002. Langkah beliau ini menjadi modal awal bagi Balai Bahasa Jawa Tengah untuk mengembangkan dan menerbitkan Kamus Bahasa Jawa Tegal—Indonesia yang pada cetakan pertama memuat 8.321 lema. Pada edisi kedua ini tim penyusun kamus Balai Bahasa Jawa Tengah berupaya menambah kurang lebih 450-an lema agar daya ungkap dan perbendaharaan kata dalam Kamus Bahasa Jawa Tegal—Indonesia ini semakin memadai.

SUMBER :  https://www.kajiansastra.com/2018/04/kamus-bahasa-jawa-tegal-indonesia-2017.html



Selengkapnya lebih detail tentang Kamus Bahasa Jawa Tegal Indonesia Edisi 2 dapat dilihat pada view live show  di bawah ini



Apabila bapak dan ibu membutuhkan file Kamus Bahasa Jawa Tegal Indoneisia Edisi ke 2 dapat diunduh pada ling unduhan berikut ini :

Download Juga :    KAMUS BAHASA INDONESIA - PDF.

Demikian yang kami sampaikan semoga bermanfaat dan terimakasih atas kunjungannya di website ini. 

Belum ada Komentar untuk "BUKU KAMUS LENGKAP BAHASA JAWA TEGAL INDONESIA EDISI 2"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel