INI SILABUS SD/MI KURIKULUM 2013 REVISI 2018 KELAS 1 - 6 SEMESTER 1 DAN 2


Haloowww...  sahabat edukasi dimanapun kalian berada, Selamat bertemu kembali dengan admin woyoedukasi.blogspot.com pada hari yang berbahagia ini tidak ada jeleknya kami sampaikan share berbagi posting materi tentang Silabus Kurikulum 2013 untuk SD/MI Kelas 1, 2, 3, 4, 5 dan 6 Semester 1 dan 2 Revisi 2018.
SILABUS SD/MI KURIKULUM 2013 REVISI 2018 KELAS 1 - 6 SEMESTER 1 DAN 2
SILABUS SD/MI KURIKULUM 2013 REVISI 2018 KELAS 1 - 6 SEMESTER 1 DAN 2

Tentunya anda sekalian sebagai pendidik/guru tidak asing lagi dengan yang namana SILABUS bukan..?   Silabus merupakan perangkat pembelajaran yang berfungsi sebagai berikut :



1.  Sebagai pedoman dalam pengembangan pembelajaran, seperti (1) pembuatan rencana pengelolaan pembelajaran baik secara klasikal, kelompok kecil maupun pembelajaran secara individual; (2) penyusunan materi ajar; (3)  pengembangan sistem penilaian dalam pelaksanaan pembelajaran berbasis kompetensi, yaitu sistem penilaiaan yang selalu mengacu kepada Strandar Kompetensi, Kompetensi Dasar, dan indikator   pembelajaran yang terdapat di dalam silabus.
2. Dalam hal ini silabus merupakan sumber pokok  dalam penyusunan rencana pembelajaran, baik rencana pembelajaran untuk satu Standar Kompetensi maupun satu Kom petensi Dasar (Abdul Majid, 2009: 40).
3.   Hasil pengembangan silabus dalam bentuk perangkat pembelajaran berfungsi sebagai alat untuk aktualisasi kurikulum secara operasional pada tingkat satuan pendidikan, sehingga memudahkan guru dalam melakukan tugas pembelajaran.

Silabus dikembangkan berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan dan Standar Isi untuk satuan pendidikan dasar dan menengah sesuai dengan pola pembelajaran pada setiap tahun ajaran tertentu. Silabus digunakan sebagai acuan dalam pengembangan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) 

Penyusunan Silabus dan RPP disesuaikan pendekatan pembelajaran yang digunakan, silabus merupakan acuan penyusunan kerangka pembelajaran untuk setiap bahan kajian mata pelajaran. 

Silabus paling sedikit memuat :
  1. Identitas mata pelajaran (khusus SMP/MTs/SMPLB/Paket B dan SMA/MA/SMALB/SMK/MAK/Paket C/ Paket C Kejuruan);
  2. Identitas sekolah meliputi nama satuan pendidikan dan kelas;
  3. Kompetensi inti, merupakan gambaran secara kategorial mengenai kompetensi dalam aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang harus dipelajari peserta didik untuk suatu jenjang sekolah, kelas dan mata pelajaran;
  4. kompetensi dasar, merupakan kemampuan spesifik yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang terkait muatan atau mata pelajaran;
  5. tema (khusus SD/MI/SDLB/Paket A);
  6. materi pokok, memuat fakta, konsep, prinsip, dan prosedur yang relevan, dan ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indikator pencapaian kompetensi;
  7. pembelajaran, yaitu kegiatan yang dilakukan oleh pendidik dan peserta didik untuk mencapai kompetensi yang diharapkan;
  8. penilaian, merupakan proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk menentukan pencapaian hasil belajar peserta didik;
  9. alokasi waktu sesuai dengan jumlah jam pelajaran dalam struktur kurikulum untuk satu semester atau satu tahun; dan
  10. sumber belajar, dapat berupa buku, media cetak dan elektronik, alam sekitar atau sumber belajar lain yang relevan.
Sumber : Permendikbud nomor 22 tahun 2016   ( Lihat file disini )


Silabus Tematik kurikulum 2013 Kelas I sampai dengan kelas VI Semester 1 dan 2 Revisi 2018 ini dibuat oleh guru untuk membantu bapak dan ibu guru dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sebagai bahan memberikan pembelajaran bagi peserta didik di kelas.

Apabila bapak dan ibu menginginkan file Silabus Tematik kurikulum 2013 Kelas I sampai dengan kelas VI Semester 1 dan 2 Revisi 2018, dapat di unduh secara gratis pada link download yang sudah kami persiapkan di bawah ini :

Silabus SD/MI Kelas I K-13 Revisi 2018 :
1. Silabus Diri Sendiri_ Jujur, Tertib dan Bersih Kelas I_Ok.doc 
Silabus SD/MI Kelas II K-13 Revisi 2018 :
1. Silabus Hidup Rukun kls II_ok.doc 
Silabus SD/MI Kelas III K-13 Revisi 2018 :
1. Silabus Sayangi Hewan dan Tumbuhan di Sekitar kls III_ok.doc 
Silabus SD/MI Kelas IV K-13 Revisi 2018 :
1. Silabus Indahnya Kebersamaan kls IV_ok.doc 
Silabus SD/MI Kelas V K-13 Revisi 2018 :
2. Silabus Peristiwa Dalam Kehidupan Kls V_ok.docx 
Silabus SD/MI Kelas VI K-13 Revisi 2018 :
1. Silabus Selamatkan Makhluk Hidup Kelas VI_ok.docx 

Sekian dan terimakasih, semoga Silabus SD/MI Kelas 1-2-3-4-5-6 Semester 1 dan 2 Kurikulum 2013 Revisi 2018  dapat bermanfaat untuk kita semuanya. 

Belum ada Komentar untuk "INI SILABUS SD/MI KURIKULUM 2013 REVISI 2018 KELAS 1 - 6 SEMESTER 1 DAN 2"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel