APLIKASI PRAKTIS MEMBUAT LPJ BOS - EXCEL


Aplikasi Laporan Pertanggungjawaban Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) 2019 >>  - Bantuan Operasional Sekolah atau lazim disebut BOS adalah program pemerintah untuk penyediaan pendanaan biaya nonpersonalia bagi satuan pendidikan dasar dan menengah sebagai pelaksana program wajib belajar. Dana BOS dapat juga dipergunaka untuk membiayai kegiatan lain yang masih tergolong biaya investasi atau personil akan tetapi lebih diprioritaskan pada biaya operasional non personal. 
Dalam Penggunaan dana BOS telah diatur ketentuan-ketentuan Petunjuk Teknis dan aturan penggunaan dana  Bantuan Operasional Sekolah (BOS). Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI telah mengatur terkait penggunaan dana BOS yaitu Peraturan Mendikbud RI Nomor 1 Tahun 2018.

UNDUH DAN BACA  :
PERMENDIKBUDRI NO. 1 TAHUN 2018 TENTANG PETUNJUK TEKNIS BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH

Secara umum program Bantuan Operasional Sekolah (BOS) bertujuan untuk meringankan beban masyarakat terhadap pembiayaan pendidikan dalam rangka program wajib belajar yang bermutu.
Secara khusus, program BOS bertujuan untuk :
  1. Menggratiskan seluruh siswa miskin di tingkat pendidikan dasar dari beban biaya operasional sekolah, baik di sekolah negeri maupun sekolah swasta.
  2. Menggratsikan seluruh siswa SD negeri dan SMP negeri terhadap biaya operasional sekolah, kecuali pada rintisan sekolah bertaraf internasional (RSBI) dan sekolah bertaraf internasional (SBI).
  3. Meringankan beban biaya bagi siswa di sekolah swasta.
Untuk menjaga tertib Administrasi dalam pemanfaatan dan penggunaan dana Bantuan Operasional Pendidikan (BOS) diharapkan bagi para pemangku kepentingan khususnya bagi penerima dana BOS seyogyanya selalu mengacu pada aturan-aturan penggunaan dan larangan-larangannya (Petunjuk Teknis BantuanOperasional Sekolah).

Bagi sekolah penerima dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS), maka sekolah tersebut wajib membuat Laporan Pemanfaatan dan penggunaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) sebagai pertanggungjawaban tentang pemanfaatan dan penggunaan dana BOS dalam bentuk LPJ.

Pelaproan Pemanfaatan dan Penggunaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) biasanya dilaporkan oleh seorang Bendahara BOS Sekolah yang telah ditunjuk untuk dipercaya menjadi Bendahara BOS oleh Kepala Sekolah untuk memngelola dana BOS.


Dalam penyusunan/pembuatan LPJ-BOS Laporan Pertanggungjawaban penggunaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) terkadang seorang Bendahara BOS sekolah mengalami hambatan dan kesulitan, karena begitu kompleks nya data-data pelaporan yang harus dikerjakan sehingga sering terjadi keterlambatan dalam pembuatan LPJ BOS.

Untuk mengantisipasi dan mensiasati hal tersebut di atas perlu adanya sebuah system yang dapat membantu mempermudah dan meringankan tugas seorang Bendahara BOS sekolah dalam menyusun pelaporan. System yang tepat dalam pembuatan laporan LPJ BOS yaitu menggunakan APLIKASI LPJ BOS.
Dengan menggunakan APLIKASI LPJ BOS maka dapat membantu dan meringankan tugas bendahara dalam menyusun pelaporan LPJ BOS secara rinci, akurat dan dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya karena APLIKASI LPJ BOS ini sudah di desain dan ukur secara teliti dengan menggunakan rumus Excel sesuai dengan indicator dan elemen-elemen pelaporan LPJ BOS yang ada.

Di sini admin merekomendasikan APLIKASI LPJ BOS yang admin dapatkan dari sahabat tercinta (mbah Haryono), beliau berprofesi sebagai guru SD Asemrudung 1 yang dipercaya mengelola BOS dan kebetulan juga seorang blogger, beliau juga sangat piawai dalam pembuatan Aplikasi berbasis Excel. 

Selanjutnya admin sampaikan APLIKASI LPJ BOS sebagai referensi dan acuan bagi bapak ibu pengelola dana BOS (Bendahara BOS) dalam menyusun Laporan Pertanggungjawaban. Aplikasi ini di ramu dalam format Excel sehingga mudah untuk dioperasikan dan di edit disesuaikan dengan keadaan yang ada.

Butuh Aplikasinya.. ?  silahkan diunduh, klik link download dibawah ini.


Perlu admin sampaikan bahwa ketika bapak dan ibu menggunakan Aplikasi ini apabila bapak dan ibu menggunakan program Excel 2007 maka perlu adanya fitur tambahan aplikasi Excel Terbilang, dan apabila menggunakan office di atas 2007 maka sudah support dengan aplikasi terbilang.



Demikian yang dapat admin sampaikan semoga bermanfaat dan terimakasih telah berkunjung di website ini.

Belum ada Komentar untuk "APLIKASI PRAKTIS MEMBUAT LPJ BOS - EXCEL"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel