BUKU GURU KURIKULUM 2013 REVISI 2018 SMP/MTs KELAS IX - NEW

Buku Guru Kurikulum 2013 Revisi 2018 SMP/MTs KELAS IX - New >> Kurikulum 2013 dirancang untuk memperkuat kompetensi siswa dari sisi pengetahuan, keterampilan, dan sikap secara utuh. Proses pencapaiannya melalui pembelajaran sejumlah mata pelajaran yang dirangkai sebagai suatu kesatuan yang saling mendukung pencapaian kompetensi tersebut. Bila pada jenjang SD/MI, semua mata pelajaran digabung menjadi satu dan disajikan dalam bentuk tema-tema, maka pada jenjang SMP/MTs pembelajaran sudah mulai dipisah menjadi mata pelajaran.

BUKU GURU KURIKULUM 2013 REVISI 2018 SMP/MTs KELAS IX  - NEW

Untuk menunjang pelaksanaan pembelajaran pada kurikulum 2013 sesuai dengan uraian diatas diperlukan sarana berupa Buku Guru. 

Buku Guru adalah panduan bagi guru dalam menggunakan Buku Siswa dan melaksanakan pembelajaran di kelas. Berikut ini penjelasan tentang tujuan dan fungsi buku guru. 

Sebagai Petunjuk Penggunaan Buku Siswa Guru harus mempelajari terlebih dahulu Buku Guru dan Buku Siswa. Guru akan mendapatkan informasi berikut. 
  1. Karakteristik Kurikulum 2013, Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar, dan Indikator Pencapaian Kompetensi Dasar pembelajaran Matematika SMP kelas IX. 
  2. Petunjuk Penggunaan Buku dan penjelasan bagian-bagian Buku Siswa. 
Sebagai Acuan Kegiatan Pembelajaran di Kelas, Buku Guru menyajikan hal-hal sebagai berikut. 
  1. Menjelaskan tujuan pembelajaran yang harus dicapai. 
  2. Menjelaskan langkah-langkah pembelajaran yang dilakukan dalam menyelenggarakan proses pembelajaran agar dapat membantu guru dalam menyusun rencana pelaksanaaan pembelajaran dengan sistematis mengikuti langkah-langkah pembelajaran tersebut. 
  3. Menjelaskan tentang teknik dan instrumen penilaian yang dapat digunakan dalam setiap pilihan pembelajaran yang mungkin memiliki karakteristik tertentu.
Selaras dengan judul posting ini, admin membahas tentang Buku Guru pada jenjang pendidikan SMP/MTs khususnya untuk kelas IX (sembilan),  sejalan dengan perkembangan dalam pembelajaran kurikulum 2013 maka Buku Guru ini menglami perubahan revisi, hal tersebut di kandung pengertian agar guru mendapat gambaran jelas dan rinci dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran.

Pembelajaran kepada peserta didik bermakna untuk membangun sikap dan perilaku positif, penguasaan konsep, keterampilan berpikir saintifik, berpikir tingkat tinggi, kemampuan menyelesaikan masalah, inkuiri, kreativitas, dan pribadi reflektif.

Kegiatan pembelajaran pada Buku Guru SMP/MTs Kelas 9 K2013 Revisi 2018 ini didesain untuk mengembangkan Kompetensi Sikap, Pengetahuan, dan Keterampilan siswa melalui aktivitas yang bervariasi. 

Aktivitas peserta didik pada penerapan Buku Guru Kelas 9 K2013 Revisi 2018  meliputi hal-hal sebagai berikut:
  1. Membuka pelajaran yang menarik perhatian siswa, seperti membacakan cerita, bertanya jawab, bernyanyi, permainan, demonstrasi, memberikan masalah, dan sebagainya.
  2. Menginformasikan tujuan pembelajaran sehingga siswa dapat mengorganisasi informasi yang disampaikan (apa yang dilihat, didengar, dirasakan, dan dikerjakan).
  3. Memantik pengetahuan siswa yang diperoleh sebelumnya agar siswa dapat mengaitkan pengetahuan terdahulu dan yang akan dipelajari.
  4. Pemberian tugas yang bertahap guna membantu siswa memahami konsep.
  5. Penugasan yang membutuhkan keterampilan tingkat tinggi.
  6. Pemberian kesempatan untuk melatih keterampilan atau konsep yang telah dipelajari.
  7. Pemberian umpan balik yang akan menguatkan pemahaman siswa.

Selengkapnya tentang Buku Guru Kurikulum 2013 untuk SMP/MTs. Kelas 9 Revisi 2018 dapat di unduh pada link tautan yang sudah kami persiapkan dalam bentuk  "Tabel Download ", yang mana juga kami persiapkan dalam format file Microsoft Word (Docx) dan format PDF. 
TABEL DOWNLOAD
BUKU GURU SMP/MTs KELAS 9 KURIKULUM 2013 REVISI 2018

NO
BUKU GURU MAPEL
FORMAT FILE
DOCX
PDF
1
PP Kn SMP/MTs Kelas 9 Revisi 2018
2
Matematika  SMP/MTs Kelas 9 Revisi 2018
3
I P A  SMP/MTs Kelas 9 Revisi 2018
4
I P S SMP/MTs Kelas 9 Revisi 2018
5
B. Indonesia SMP/MTs Kelas 9 Revisi 2018
6
B. Inggris SMP/MTs Kelas 9 Revisi 2018
7
PJOK SMP/MTs Kelas 9 Revisi 2018
8
Seni Budaya SMP/MTs Kelas 9 Revisi 2018
9
Prakarya  SMP/MTs Kelas 9 Revisi 2018






















Demikian tentang Buku Guru Kurikulum 2013l untuk SMP/MTs Kelas IX Revisi 2018 semoga bermanfaat bagi bapak dan ibu dalam mengimplementasikan pembelajaran kurikulum 2013.

Belum ada Komentar untuk "BUKU GURU KURIKULUM 2013 REVISI 2018 SMP/MTs KELAS IX - NEW"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel