APLIKASI PENILAIAN KINERJA KEPALA SEKOLAH (PKKS) - EXCEL DOWNLOAD

Aplikasi Penilaian Kinerja Kepala Sekolah (PKKS) >>  Maju dan berkembangnya Sekolah di bidang pendidikan merupakan tugas dan tanggungjawan dari setiap warga sekolahnya masing-masing. Kepala Sekolah sebagai leader/pemimpin hendaknya mampu secara profesional bagaimana meningkatkan kompetensi diri, berinovasi kreatif dan maju secara berkelanjutan untuk membangun mewujudkan mutu pendidikan yang lebih baik.


Dengan demikian seorang Kepala Sekolah dituntut mempunyai Kinerja yang baik secara kreatif profesional dan berkelanjutan dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan. Untuk mengukur hasil kinerja seorang Kepala Sekolah, maka perlu adanya Penilaian Kinerja Kepala Sekolah (PKKS) oleh Pengawas Sekolah atau pejabat yang membidangi tentang Penilaian Kinerja Kepala Sekolah.

Sejalan dengan hal itu telah ditegaskan dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 28 Tahun 2010 tentang Penugasan guru sebagai Kepala Sekolah/Madrasah, bahwa disebutkan dalam pasal 12 ayat : (1), (2), (3), dan (4) sbb :
  1. Penilaian Kinerja Kepala Sekolah/Madrasah dilakukan secara berkala setiap tahun dan secara komulatif setiap empat tahun; kemudian dalam pasal 
  2. Penilaian Kinerja tahunan dilaksanakan oleh pengawas sekolah/madrasa; selanjutnya dalam pasal 
  3. Penilaian kinerja empat tahunan dilaksanakan oleh atasan langsung dengan mempertimbangkan penilaian kinerja oleh tim penilai yang terdiri dari pengawas sekolah/maddrasah, pendidik, tenaga kependidikan, dan komite sekolah/madrasah dari tempatnya bertugas;
  4. Hasil penilaian kinerja dikategorikan dalam tingkatan amat baik, baik, cukup, sedang atau kurang.
BACA : 
Permendiknas Nomor 28 Tahun 2010 tentang Penugasan Guru sebagai Kepala Sekolah/Madrasah.
Dalam rangka Penilaian Kinerja Kepala Sekolah (PKKS) diperlukan obyektifitas hasil penilaian, oleh karenanya perlu adanya PEDOMAN PENILAIAN KINERJA, berkenaan dengan itu dari Pusat Pengembangan Tenaga Kependidikan Badan Pengembangan SDMPK dan PMP Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah menyuysun Pedoman Penilaian Kinerja Kepala Sekolah/Madrasah sebagai acuan oleh semua fihak.

Lihat :


                DOWNLOAD FILE - DOC  :  ( KLIK DISINI )

Untuk menunjang kelancaran dalam proses Penilaian Kinerja Kepala Sekolah (PKKS) diperlukan Instrumen Penilaian Kinerja Kepala Sekolah, Instrumen tersebut mencakup dari beberapa responden dengan mengisi kuesioner, untuk responden diambilkan dari :
1. Taha Usaha
2. Siswa
3. Guru
4. Komite Sekolah

Format Instrumen Kuesioner dari masing-masing Responden untuk Penilaian Kinerja Kepala Sekolah (PKKS) dapat dilihat   DISINI

Berikut kami sampaikan Instrumen Penilaian Kinerja Kepala Sekolah (PKKS) dari Responden-responden terkait, yang kami rangkum dalam bentuk Aplikasi penilaian kinerja Kepala Sekolah dalam forma excel, sehingga akan mempermudah bagi asesor dalam melaksanakan tugas penilaian.

Aplikasi Penilaian Kinerja Kepala Sekolah (PKKS) ini kami rekomendasikan untuk dapat dipergunakan dalam Penilaian Kinerja Kepala Sekolah, dan bekerja sama dengan teman karib kami dari SD Asemrudung 1 Geyer Grobogan (Bp. Haryono) atau dapat di kunjungi pada website : fileledukasi.blogspot.com  atau  sdasemrudungsatu.blogspot.com

Ini Aplikasinya : 

Instrumen PKKS Tahun 2018.xlsx
Instrumen PKKS Responden Tata Usaha.xlsx
Instrumen PKKS Responden Siswa.xlsx
Instrumen PKKS Responden Komite Sekolah.xlsx
Instrumen PKKS Responden Guru.xlsx
Berita Acara Pelaksanaan PKKS Tahun 2018.xlsx

Sampai disini dulu, semoga bermanfaat dan terimakasih atas kunjungannya, ketemu lagi pada postingan selanjutnya.

1 Komentar untuk "APLIKASI PENILAIAN KINERJA KEPALA SEKOLAH (PKKS) - EXCEL DOWNLOAD"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel